Media Aswaja

Dalil Membacakan Surah Yasin Untuk Mayat

Surah yasin merupakan surah ke 36 yang ada di dalam al-Quran dan terdiri dari 83 Ayat. Sebagaimana dengan surah lain yang memiliki keutamaan dalam sabda Rasulullah SAW, surah yasin juga selalu di anjurkan untuk dibaca oleh Rasulullah SAW. Riwayat hadis tentang keutamaan membaca Yasin sebagiannya adalah sahih, ada pula yang hasan, dlaif dan maudlu’ (palsu). Akan tetapi, kita sebagai Ahlussunnah selalu mengamalkan yasin di dalam Tahlil , maka hal ini banyak sekali memancing reaksi yang berlebihan dari kelompok-kelompok yang anti Tahlil dengan membawakan hadits-hadits yang dhaif dan juga palsu dari surah yasin. Dan berikut merupakan contoh hadits dhaif dan palsu:

عَنْ اَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَليْهِ وسَلَّمَ مَنْ قَرَأَ يس فِى لَيْلَةٍ اِبْتِغَاءَ وَجْهِ اللهِ غُفِرَ لَهُ (رواه البيهقى فى شعب الإيمان رقم 2464 وأخرجه أيضًا الطبرانى فى الأوسط رقم 3509 والدارمى رقم 3417 وأبو نعيم فى الحلية 2/159 والخطيب البغدادي 10/257 وأخرجه ابن حبان عن جندب البجلى رقم 2574)

“Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah Saw bersabda: Barangsiapa membaca Surat Yasin di malam hari seraya mengharap rida Allah, maka ia diampuni” (HR al-Baihaqi dalam Syu’ab al-Iman No 2464, al-Thabrani dalam al-Ausath No 3509, al-Darimi No 3417, Abu Nuaim dalam al-Hilyat II/159, Khatib al-Baghdadi X/257 dan Ibnu Hibban No 2574)

Hadits ini banyak di klaim sebagai hadits yang palsu oleh anti tahlil dan di besar-besarkan oleh kelompok mereka. karena hampir setiap acara tahlilan terlebih dahulu membaca Surat Yasin bersama atau dibaca saat berziarah. Untuk membantahnya kami paparkan ke hadapan mereka pendapat ulama dari kalangan mereka sendiri dan sekaligus dikagumi oleh mereka, yaitu Muhammad bin Ali al-Syaukani. Ia berkata:


حَدِيْثُ مَنْ قَرَأَ يس اِبْتِغَاءَ وَجْهِ اللهِ غُفِرَ لَهُ رَوَاهُ الْبَيْهَقِي عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ مَرْفُوْعًا وَإِسْنَادُهُ عَلَى شَرْطِ الصَّحِيْحِ وَأَخْرَجَهُ أَبُوْ نُعَيْمٍ وَأَخْرَجَهُ الْخَطِيْبُ فَلاَ وَجْهَ لِذِكْرِهِ فِي كُتُبِ الْمَوْضُوْعَاتِ (الفوائد المجموعة في الأحاديث الموضوعة لمحمد بن علي بن محمد الشوكاني 1 / 302)

“Hadis yang berbunyi: ‘Barangsiapa membaca Surat Yasin seraya mengharap rida Allah, maka ia diampuni’ diriwayatkan oleh al-Baihaqi dari Abu Hurairah secara marfu’, sanadnya sesuai kriteria hadis sahih. Juga diriwayatkan oleh Abu Nuaim dan Khatib (al-Baghdadi). Maka tidak ada jalan untuk mencantumkannya dalam kitab-kitab hadis palsu!” (al-Fawaid al-Majmu’ah I/302). Dan masih banyak yang lainnya..

Jika anda mendapatkan ustadz yang mengatakan musyrik membacakan surah yasin maka anda lebih baik meninggalkan ustadz tersebut, jangan di dengarkan ceramahnya, hindari anak anda dan juga tetangga anda dari ustadz yang seperti ini.

Khilaf diantara ulama bukan karena syirik atau tidak syirik akan tetapi sampai atau tidak sampai, bukan bid’ah atau tidak bid’ah! Ustadz seperti itu harus di hindari. Wallahu a’lam bish-shawab.

Wahyudi

Add comment

Follow Kami

Jangan lupa follow juga social media kami.

Most popular